Posts Subscribe to This BlogComments

Follow Us

Artikel Terkini

1 2 3 4 5

Minggu, 14 November 2010

Pantai KLayar

tanah Lot nya jawa



Pantai Klayar berada di wilayah kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan, yang jaraknya kurang lebih 35 Km ke arah barat kota Pacitan. Pantai berpasir putih ini memiliki suatu keistimewaan yaitu adanya seruling laut yang sesekali bersiul di antara celah batu karang dan semburan ombak.
Di samping itu juga terdapat Air Mancur Alami yang sangat Indah. Air mancur ini terjadi karena tekanan ombak airu laut yang menerpa tebing karang berongga. Air muncrat yang dapat mencapai ketinggian 10 meter menghasilkan gerimis dan embun air laut yang diyakini berkhasiat sebagai obat awet muda.

Keindahannya benar2 menpesona. Klayar adalah salah satu tempat di daerah Kalak, Pacitan. Pantai ini adalah pantai alami, tidak banyak campur tangan manusia di sini. Posisinya sangat jauh dari keramaian maupun kota Pacitan sendiri. Untuk mencapainya dibutuhkan waktu 3 jam naik sepeda motor dari jantung kota Pacitan dengan kecepatan rata2 50-60 Km/Jam lewat jalan tembusan. Tempatnya pun naik turun bukit yang terjal. Namun bagi pengejar landscape dan backpacker saya rasa keindahan yang ditawarkan sangat sepadan dengan kerunyaman transportasi dan jarak.
Pantai Klayar sangat sepi, angin berhembus pun kita bisa mendengarnya, senyapnya membuat kita benar2 seperti terhipnotis. Teriakan anda akan terdengar dimain-mainkan angin kesana kemari dengan sangat jelas. Persiapkan segala sesuatunya di muka, karena jika semisal ban anda bocor atau bensin anda habis di sana maka hati anda harus berlapis baja untuk mendorong kendaraan anda naik turun bukit berkilo-kilo untuk mendapatkan pertolongan. Sangat menantang bukan?
Diseberang segala kesusahannya, anda akan melihat pasir pantai yang sangat putih alami bekas2 hewan laut yang sudah meremah. Anda juga akan melihat nyiur kelapa yang bergelayut rapi. Contour dan texture landscapenya sangat bervariasi. Ada karang yang menjulang berbentuk mirip Sphinx di Mesir, ada landasan karang yang memungkinkan anda melihat lobang gulungan ombak dari samping, ada air mancur alami yang terbentuk dari gigisan abrasi, ada tebing yang curam yang seindah Tanah Lot di Bali, dan tempat2 yang mempesona lainnya.
Keindahan yang anda dapatkan tentu akan membuat anda berpikir dan berdoa, semoga tempat yang indah ini selalu lestari. Karena jika saya membandingkan dengan tempat wisata yang lain. Sungguh tempat ini seperti pantai dari negeri khayalan.



Pantai Klayar::
Perjalanan ke pantai ini ternyata lebih berat dari dua pantai sebelumnya karena saya dan sopir mencoba jalur baru yaitu terus mengikuti jalan dari pantai watu karung karena kalau berbalik arah lagi dan melewati jalan utama memakan waktu yang lebih lama jadi kami mengikuti jalur yang sudah ada yang sangat hancur tapi menyenangkan.

Jalur ini adalah jalur yang dipakai oleh para pembalak kayu jati dengan truk-truk pengangkut kayu dan kalau berpapasan sangat merepotkan. Beberapa kali saya bertanya kepada para penduduk dimanakah letak pantai klayar ini dan setelah hampir satu jam menempuh perjalanan yang sangat berat akhirnya saya sampai jumpa di pantai yang indah.

Pantainya beda sekali dengan dua pantai yang saya temukan. Hamparan pasir putih yang luas membentang, lembut sekali pasirnya. Saya pun langsung berlari ke arah timur dimana terdapat tebing-tebing kapur yang sangat cantik nan gagah seolah bukan berada di Indonesia. Hempasan ombak pantai selatan menghempas karang yang ada di tengah pantai. Puas dari tebing kapur ini saya menuju ke barat menaiki tebing nan hijau.



Dari tebing sebelah barat ini kita bisa melihat pemandangn pantai selatan yang indah sekali dan diujung barat ada sebuah karang yang mirip uluwatu di Bali dengan tebing memanjang menuju laut dan memiliki karang bolong.

Pantai klayar ini memang sangat indah dan benar-benar ratunya pantai selatan Pacitan.
 

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

 

My Friend's